Pendaftaran siswa baru MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2012-2013


Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:

  • Pendaftar adalah peserta didik kelas IX MTs/SMP pada TP 2011/2012.
  • Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2012.
  • Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:

a. 1-3 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta
b. 4-5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta
c. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta

  • Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2011/2012 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi

sebagai tambahn, berikut ini saya lampirkan tulisan dari teman saya Ihwan Adam mengenai Insan Cendekia

Saat ini Insan Cendekia sudah mulai membuka pendaftaran tahun ajaran baru. Info lengkapnya bisa dibuka di sini. Tapi yang perlu diperhatikan adalah saat ini mulai berdiri lembaga pendidikan mulai dari SMP atau SMA yang menggunakan nama Insan Cendekia juga. Agar tidak salah atau tertukar, Insan Cendekia yang dicetuskan oleh Pak Habibie, berkoordinasi dengan BPPT dan mendapat support dari Departemen Agama  sehingga biaya sekolahnya gratis baru ada dua yaitu MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo. Kedua MAN tersebut memiliki sistem pendidikan yang sama mulai dari aktifitas kesehariannya seperti hidup di asrama, guru-guru yang standby mendidik selama 24 jam, dan lain sebagainya. Walaupun setahu saya tidak belum ada lembaga yang mengawasi secara sistemik keberlangsungan ICS dan ICG (Semenjak dilepas oleh Pak Habibie, saat ini ICS dan ICG berada di bawah Depag dan dalam koordinasi dengan BPPT), namun karena keduanya dijalankan oleh para founder dari Insan Cendekia, sistem dan nilai yang ditanamkan di sana pun tidak jauh beda.  Jadi menurut saya, masuk ICS ataupun ICG tidak ada bedanya karena karakter lulusannya juga dibangun dengan sistem yang sama.

Nah, yang perlu dikenali adalah bahwasannya saat ini banyak lembaga pendidikan yang menggunakan nama Insan Cendekia juga. Berikut adalah beberapa contohnya, ada Insan Cendekia BSD (link website di sini), Insan Cendekia Al-Mujtaba (link website di sini), Insan Cendekia Sekar Kemuning (link website di sini), Insan Cendekia Al-Kausar (link website di sini), Insan Cendekia Al-Muslim (link website di sini), dan mungkin masih banyak IC lainnya yang saya tidak tahu. Yang perlu diperhatikan adalah selain Insan Cendekia yang di bawah koordinasi Departemen Agama, tidak ada yang Insan Cendekia lain yang gratis. Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo gratis karena disubsidi oleh Departemen Agama. Yang berikutnya adalah dari segi kualitas atau sistem pendidikan. Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo pada dasarnya dibangun dan dikembangkan oleh founder yang sama sehingga sistem pendidikan di kedua MAN tersebut bisa dibilang 11-12. Dari segi fasilitas asrama, aktivitas keseharian, guru yang sedia 24 jam, dan lain sebagainya, semuanya dirancang berdasarkan sebuah masterplan dan blueprint yang sama. Visi dari kedua MAN tersebut pun sama yaitu membangun generasi yang berkarakter dengan kemampuan Akademis dan Spiritual yang baik. Oh ya, sebelum menjadi Insan Cendekia, ICS dan ICG dulu namanya Magnet school. Filosofinya adalah dengan adanya Magnet school, akan banyak bermunculan IC-IC lain yang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dengan visi misi yang sama. Namun untuk Insan Cendekia yang lain saya sebetulnya kurang tahu darimana mereka menurunkan sistem pendidikannya, bagaimana visi-misinya, dan sebagainya karena memang tidak ada lembaga yang mengakreditasi atau menetapkan standar Insan Cendekia itu harus seperti apa. Akibatnya adalah semua orang berhak membangun sekolah dengan nama Insan Cendekia dan dengan sistem yang ingin mereka kembangkan sendiri-sendiri. Saya cuma tahu bahwa ada salah satu dari Insan Cendekia yang dibangun dan kepalai oleh beberapa mantan guru veteran di ICS sehingga saya cukup yakin terhadap sistem pendidikan dan kualitas pengajaran di IC tersebu. Akan tetapi saya tidak bisa menjamin bagaimana sistem Insan Cendekia selain IC yang lainnya karena memang di luar koordinasi dari ICS dan ICG.

Semoga informasi ini berguna bagi para orang tua murid atau para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di Insan Cendekia. Jangan nanti malah kaget katanya IC gratis tapi kok daftar ke IC yang ini disuruh bayar. Jadi kenali betul-betul Insan Cendekia yang dimaksud supaya tidak salah sangka ke depannya nanti :) Yang pasti IC yang berada di bawah naungan departemen agama dan IC yang gratis baru Insan Cendekia Serpong dan Insan Cendekia Gorontalo yang link pendaftarannya sudah saya cantumkan di atas.

About these ads

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

31 responses to “Pendaftaran siswa baru MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2012-2013”

  1. varel says :

    thanks buat informasinya :)

  2. Aqilah Aini Zahra says :

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya seorang siswa kelas 9 yang berencana masuk ke Insan Cendekia tetapi masih ragu, tentang masalah pendidikannya. Terutama yang berhubungan dengan agama.
    Kira2 pendidikan agamanya di sana bagaimana. Dengar2 sistem pendidikannya cukup ekstrim, pernyataan itu benar atau tidak?Soalnya orang tua saya sedikit khawatir ttg masalah itu. Tolong informasinya supaya saya mantaop ke sana.

    • Adnan says :

      Insan Cendekia seluruhnya bagus kok, terutama yang di ICS dan ICG, memang seleksinya sangat ketat, dan sistem pembelajarannya sangat baik, walaupun memang agak digenjot seperti aksel, tapi untuk lulusannya sangat dijamin

  3. chipa says :

    assalamualaikum ….
    saya sngat tertarik dan ingin sekali masuk MAN IC ,cuma saya sedikit ragu karena banyak yang bilang IC tuh ketat bangt ,kalau boleh tau berapa prsen sih siswa mts yg diprkirakan masuk MAN IC ?
    dan apa materi tesnya sdah paten sperti itu ataw mmang ada yg drahasiakan ?

  4. flora says :

    Assalamualaikum wrwb.
    Saya doakan MAN Insan Cendekia Sepong, Gorontalo, SMA insan Cendekia lainnya serta sekolah islam mampu menghasilkan insan2 yang menunjukkan kepribadian islam, pola pikir dan pola tindak yang sesuai dengan apa yang di contohkan Rasulullah dan generasi terbaik Islam agar Islam mampu kembali memimpin peradaban dunia..Aamiin YRA.

  5. abu salam rery says :

    assalamualaikum..
    ya akhy maupun ukthy
    saya abu salam rery saya sangat tertarik masuk di sekolah
    man insan cendikia gorontalo tetapi umur saya sudah 17 atau 18 tahun tidak apa apa kan
    mohon penjelasnnya
    abu dari ambon

  6. Rizqy Aulia Hassan says :

    calon muridnya difokusin dry mna ??
    yg mndftar lgsg atw yg beasiswa kagh ?
    mohon penjelasannya ..

    terima kasih ..

  7. Faisal chair says :

    Assalamualaikum wr.wb
    bisa ngga saya pindak dari MAN saya saat ini k MAN IC ini ???? mohon informasinya.

  8. Wilda Yati Harahap says :

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Saya adalah seorang siswi kelas 9 MTs N Tanah Jawa, nama saya Wilda . Saya sangat tertarik dengan tantangan2 ataupun tes pada IC ini. Dan saya ingin sekali bersekolah di IC ini setelah saya lulus nanti..amin . . . Oleh karena nya terima kasih buat informasi yang sangat membantu saya dalam melanjutkan sekolah saya .
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  9. Rico Roihan says :

    semoga aku bisa masun sini

  10. Dawami sabri zein says :

    Assalamualaikum,,
    afwan,,saya kan sudah daftar di Insan Cendikia,,
    pilihan pertama : Insan Cendikia serpong
    pilihan kedua : Insan Cendikia Gorontalo..Mohon pilihan ke 2 nya dibatalkan..karena orang tua saya ternyata tidak setuju,,afwan
    klo g tnya bwt kirim email ke insan cendikia
    Wassalamualaikum wrwb..

  11. Emil says :

    Sekolah IC yg dikepalai dan dibangun oleh guru veteran ICS yg mana ya.. Seandainya putri saya tdk diterima di MAN IC Serpong saya ingin dia bisa masuk ke sekolah tsb. Apakah IC Al Kautsar yg anda maksud? Makasih sblmnya…

  12. sundanes says :

    aslm sya mmbtuhkan informasi siswa yg diterima diMAN Cendikia Gorontalo unk ta. 2012/2013,….please…dri ortu calon sswa bru yg lagi galau mnungg informsi,mksh ….

  13. ⌣̈ Ë Ñ Ŏ ⌣̈ (@retno_cahyani) says :

    assalam apakah hasil test sudah kluar? mohon d bls ya

  14. Adnan says :

    Pada dasarnya semua Insan Cendekia bagus, karena ada 7 Insan Cendekia yang dibawah naungan LAPSIG-ICMI, hanya saja memang yang terkenal adalah MAN IC dan Gorontalo (Al-Kautsar) yang saat itu memang dimiliki langsung oleh Habibie dan sekarang dimiliki Departemen Agama

  15. Adnan says :

    Saya akan menjawab quote yang ini, “Filosofinya adalah dengan adanya Magnet school, akan banyak bermunculan IC-IC lain yang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dengan visi misi yang sama. Namun untuk Insan Cendekia yang lain saya sebetulnya kurang tahu darimana mereka menurunkan sistem pendidikannya, bagaimana visi-misinya, dan sebagainya karena memang tidak ada lembaga yang mengakreditasi atau menetapkan standar Insan Cendekia itu harus seperti apa. Akibatnya adalah semua orang berhak membangun sekolah dengan nama Insan Cendekia dan dengan sistem yang ingin mereka kembangkan sendiri-sendiri.”

    Jadi sebenarnya yang menggunakan nama Insan Cendekia itu sudah terjamin, dan sistem sudah diatur dan dikendalikan oleh LAPSIG-ICMI yang sekarang mengatur ke 7 Insan Cendekia tersebut termasuk ICS dan ICG. Bahkan Insan Cendekia BSD yang sekarang baru dibangun, memiliki ikatan kuat dengan Insan Cendekia lain, beberapa orang dari pusat yang dikirim ke Insan Cendekia BSD seperti Bpk. Sri Gatot Priyadi, Bpk. Ir. Izzuddin Joko Prasojo. Jadi semua yang menggunakan nama Insan Cendekia dan dibawah naungan LAPSIG-ICMI memiliki ikatan kuat antara ke 7 Insan Cendekia tersebut, bahkan akan diadakan lomba antar ke 7 Insan Cendekia tersebut

  16. Yuni says :

    Anak saya ingin masuk insan cendekia , bagaimana cara mendaftarnya?

  17. Sidra Salsabila says :

    Assalamualaikum wr.wb.
    saya kelas 9. saya ingin masuk MAN IC , bagaimana cara pendaftarannya? dan tes nya itu dinilai dari apa saja ya? saya ingin daftar untuk kelulusan 2013 nanti, kira-kira pendaftarannya kapan ya? saya kurang paham . terima kasih atas penjelasannya.
    wassalamualaikum wr.wb

  18. Nuraenun Lukman says :

    Assalamualaikum wr. wb.
    Saya kelas 9. Nama saya Nuraenun Lukman. Saya berasal dari MTsN Model Makassar. Saya ingin masuk di MAN IC Gorontalo, bagaimana cara pendaftarannya? dan tesnya itu dpt dinilai dari apa saja? saya ingin mendaftar insya allah untuk kelulusan 2013 nanti. saya juga bertanya? apakah klw masuk di MAN IC Gorontalo pakai biaya? klw ada, tolong jelaskn. dan pendaftarannya juga kapan? trima kasih sbelumnya.
    Wassalamualaikum wr. wb.

    • farah ayyun taqiya says :

      assalamualaikum,,,
      saya anak kls 9, orang tua saya ingin saya masuk ic, tp mereka jg meragukan kemampuan saya, krn pd kls 9 sem 1, saya tdk dapat rangking palarel, apakah di ic hanya di cari anak anak yang berpalarel??, karena saya mendengar dari tmn 2 saya, kalau di IC yang masuk adalah anak 2 yang paraler..mohon penjelasannya.

      makasih
      wassalamualaikum WR.WB

  19. oji says :

    kalau udah lulus di MAN Cindekia bisa masuk kuliah jurusan apa saja ngak?
    lulusan nya di jamin nggak

  20. Hidayah Hariani says :

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ..
    a’fwan ya akhi wa ukhti ..
    nama saya Hidayah. saya sekolah di MTs N Medan . saya sangaat tertariiikk sekalii ingin sekolah di ICS ,, dri awal saya msuk MTs N ,,saya trmotivasi dngan kakk’ klas saya yg klas 9 . dan dari kelas 7 , 8 , dan 9 smpai skarangg , saya inginn sekali melanjutkan Sekolah Saya di MAN ICS stelahh Lulus nanti .. (amin)
    dan orng tua saya juga snagat setuju dan selalu mndukung saya dan mmberikan semangat buat saya agar saya bisa brsekolah di ICS.
    ouh iya , saya ingin brterimakasih atas Info ny ,, dngan ini saya sudh jauh lbih mngerti tntang info ny ..
    # terimakasihh
    assalamu’alaikumm Warahmatullahi Wabarakatuh . ^^

  21. Nurul Izzah Luthfiah Nur says :

    Afwan sebelumnya
    saya sekolah di Pondok pesantren puteri Ummul Mukminin Makassar
    waktu kelas 2 semester 2 saya mendapat peringkat 3. bisa tidak saya masuk ke ICG apabila nanti kelas 3 saya mendapat peringkat 1 atau 2. Karena disekolah saya kelas 3 mempunyai 6 kelas. mohon pemberitahuannya. saya ingin sekali masuk…………………………

  22. Muh. Rosyid says :

    selamat untuk adikku m. abdurrohim widodo,S.Pd yang ikut berjuang di IC mulai 7 oktober 2013. salam dari keluarga karangsono saren kalijambe sragen jateng.

  23. Luluatul Avifah says :

    Saya tertarik ingin memasukkan anak sy ke MAN Cendekia Serpong , Apakah bisa mengikuti tes masuk secara personal, Bkn secara kelompok (dari sekolah)?, apakah hrs berprestasi di bidang sains?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 89 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: