Insan Cendekia


Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasional akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan Iptek sekaligus dibekali dengan Iman dan Takwa (Imtak) yang kuat, maka atas prakarsa Menristek/Kepala BPPT Bapat B.J Habibie pada tahun 1996, BPPT dengan bantuan Islamic Development Bank (IDB) mendirikan SMU Insan Cendekia di Kecamatan Serpong Propinsi Banten dan di Kecamatan Kabila Propinsi Gorontalo.

Sejak tahun 2000 pengelolaan SMU Insan Cendekia Serpong maupun Gorontalo dilimpahkan oleh BPPT kepada Departemen Agama. Untuk mempertahankan ciri khas penguasaan Iptek dan Imtak, Departemen Agama tetap bekerjasama dengan BPPT dalam mengelola SMU Insan Cendekia yang kini menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi atau mengubah materi pelajaran maupun sistem pengajaran yang telah berjalan selama ini.

alam rangka memenuhi kebutuhan nasional akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan Iptek sekaligus dibekali dengan Iman dan Takwa (Imtak) yang kuat, maka atas prakarsa Menristek/Kepala BPPT Bapat B.J Habibie pada tahun 1996, BPPT dengan bantuan Islamic Development Bank (IDB) mendirikan SMU Insan Cendekia di Kecamatan Serpong Propinsi Banten dan di Kecamatan Kabila Propinsi Gorontalo.

Sejak tahun 2000 pengelolaan SMU Insan Cendekia Serpong maupun Gorontalo dilimpahkan oleh BPPT kepada Departemen Agama. Untuk mempertahankan ciri khas penguasaan Iptek dan Imtak, Departemen Agama tetap bekerjasama dengan BPPT dalam mengelola SMU Insan Cendekia yang kini menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi atau mengubah materi pelajaran maupun sistem pengajaran yang telah berjalan selama ini.

Visi

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi s erta mampu mengaktualisasikannya di masyarakat

Misi

1. Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai iptek, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat

2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia kependidikan

3. Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai sekolah/madrasah model dalam pengembangan pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bagi lembaga pendidikan lainnya

Target

1. Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia Serpong di Perguruan Tinggi berkualitas, baik di dalam maupun di luar negeri ( > 90% )

2. Diperolehnya prestasi yang baik bagi lulusan MAN Insan Cendekia selama di perguruan tinggi

3. Terciptanya kehidupan warga Insan Cendekia yang religius melalui prilaku yang ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan bebas berkreasi

Situs-situs berkaitan dengan Almamater tercinta:

MAN Insan Cendekia Serpong
Perpustakaan Digital MAN Insan Cendekia Serpong
Ikatan Alumni Insan Cendekia
MAN Insan Cendekia Gorontalo

KEBERADAAN Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, tak bisa dilepaskan dari keberadaan mantan Presiden BJ. Habibie. Saat BJ. Habibie masih menjabat sebagai Menristek/Kepala BPPT, dia mengangankan ada sekolah menengah tingkat atas Islam yang memiliki nilai plus. Yakni yang mampu melahirkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat.

Gagasan itu akhirnya dituangkan dalam bentuk SMU Insan Cendekia, yang direncanakan akan berdiri di tiap-tiap provinsi di Indonesia. Hanya saja seiring perkembangan zaman, sejak tahun 2000 pengelolaan SMU Insan Cendekia yang kini sudah ada di dua tempat yakni di Serpong (Banten), juga di Kecamatan Kabila, Gorontalo, dilimpahkan ke Departemen Agama. Dan untuk mempertahankan ciri khas penguasaan Iptek dan Imtak, Departemen Agama tetap bekerjasama dengan BPPT, dalam mengelola SMU Insan Cendekia yang kini telah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi atau mengubah materi pelajaran maupun sistem pengajaran yang telah berjalan selama ini. Kini sekolah yang digagas oleh Habibie menunjukkan jatidirinya, sebagai sekolah unggulan.

Dari 7 angkatan yang telah diluluskan semenjak tahun 1996, 95 persen alumni MAN Insan Cendekia, diterima di Perguruan Tinggi Negeri dalam dan luar negeri. Lantas apa kekhasan dari Insan Cendekia Dari mulai rekrutmen siswa maupun guru, Insan Cendekia sangatlah ketat. Bahkan ketika proses rekrutmen siswa-siswi, atau penerimaan siswa baru, berbagai bentuk ketebelece diabaikan. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan kop surat kepresidenan, tak pernah ditanggapi.

Mulai tahun pelajaran 2004/2005 MAN Insan Cendekia, menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum Depag, dan Kurikulum Khusus MAN Insan Cendekia. Kurikulum tersebut dikemas dalam bentuk struktur program, yang menitikberatkan pada penguasaan basic knowledge of sciense and technology, pendidikan agama, serta penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kurikulum tersebut juga diperkaya dengan pendidikan yang mengarah pada keterampilan hidup (life skill), dan menggunakan pendekatan intelektual, kegiatan, keteladanan dan laboratorium. Keberhasilan dan penguasaan mata pelajaran yang diberikan oleh para guru itu, tidak bisa dipisahkan dari rasa tanggungjawab guru.

Untuk itu setiap siswa MAN Insan Cendekia, senantiasa menghidupkan ruh dan nuansa pesantren dengan melaksanakan kegiatan keagamaan yang bersifat umum, seperti shalat fardhu berjamaah, mengucapkan salam dan berbudaya akhlaqul karimah. Kegiatan keagamaan yang sifatnya khusus dilaksanakan untuk meningkatkan pemahamanan, penghayatan, dan pengamalan syariat Islam serta nilai-nilai keimanan yaitu takwa, syukur, sabar, dan haya imani. Kegiatan keagamaan lainnya berupa taushiyah, dan kuliah subuh, tahsin, tahfid, tafsir Alquran, kajian kitab tematik, pembinaan imam shalat fardhu, pembinaan khatib jumat. Dari bekal pendidikan keagamaan yang demikian itu, setiap lulusan Insan Cendekia, dapat diandalkan untuk menjadi seorang khatib Jumat, kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

65 responses to “Insan Cendekia”

  1. ardisaz says :

    jup, izin mengcopy tulisan tentang INSAN CENDEKIA yah!

  2. rosaadelina says :

    Q juga kopas ya ^^ salam kenal dari ocha felzhironexard ;) kunjungan balik sangat diharapkan :)

  3. Didi Tarsidi says :

    Bagaimana seleksi masuk SMA Insan Cendekia, dan apakah dapat Bea Siswa untuk siswa berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

  4. eldivo suparnova says :

    iam Glad n interest with News gUys!

  5. wulan says :

    Mau tanya, dari pesantren gontor ada yang pernah diterima di man ic nggak? Thanks infonya

  6. roida hasna says :

    mau tanya pembukaan untuk mendaftar MAN IC disetiap kanwil Depag di seluruh daerah dibukanya pada bulan apa ya?terimakasih atas infonya..wassalam.

  7. roida hasna says :

    kalau Awal maret tahun ini berarti hampir bersamaan dengan UN.. saya udah buka webnya tapi belum ada infonya..

  8. Aakkom says :

    Salam
    Beruntung sekali aku menemukan situs ini. Mohon penjelasan tentang beaya pendidikan di MAN IC yang tanpa beasiswa. terima kasih
    Salam

  9. Adhitya Wiguna says :

    adik saya pengen masuk IC..
    tapi pengen beasiswa..gmana bisa gak??

  10. Tiara says :

    apakah calon siswa man ic harus mempunyai peringkat rangking tertentu dari kelas vii sampai dengan kelas ix? jika tidak masuk rangking yang ditentukan apakah bisa ikut tes masuk? apakah pendaftarannya harus langsung dari pihak smp yg bersangkutan atau bisa mendaftar sendiri dengan surat referensi dari smp yang bersangkutan?

  11. fatimah says :

    di ic kaka’ kelasnya galak g’????

  12. Rusdi Hidayat Susilo says :

    Seperti tercantum dalam pengumuman (beasiswa) calon siswa/siswi harus menduduki parallel 1-9 dan tidak ada ranking kelasnya. Pertanyaan nya:
    1. Kalau rangking kelas adalah 7 misalnya, tapi parallel nya 12, apa bisa ndaftar?
    2. Kalau tidak masuk parallel 9 apakah bisa ndaftar yg bukan beasiswa (biaya sendiri) dan apa boleh ikut test nya?
    wass
    rusdi

  13. Linda Rofiatul Isnaniah says :

    saya bermaksud memasukkan anak saya untuk program beasiswa. Saat ini anak saya duduk di kelas VIII SMPN di Tasikmalaya. Selama ini anak saya mendapat ranking 1 di kelasnya, tetapi untuk paralel (ada 9 kelas) tidak ada pengumuman. Bagaimana dengan materi tes bahasa arab? Karena di sekolah negeri tidak ada pelajaran bahasa arab. Mohon diberitahu kalau ada pengumuman PSB.

  14. farasaputra says :

    ass.wr.wb

    kami sekeluarga menunggu pengumuman hasil seleksi MAN INSAN CENDEKIA,2010-2011.mohon info tgl berapa akan diumumkan.syukron

  15. Jup'S says :

    farasaputra :

    ass.wr.wb

    kami sekeluarga menunggu pengumuman hasil seleksi MAN INSAN CENDEKIA,2010-2011.mohon info tgl berapa akan diumumkan.syukron

    sudah ada pengumumannya di http://salamic.wordpress.com/2010/05/25/informasi-peserta-lulus-seleksi-tes-tertulis-psb-2010/

  16. iid says :

    BRP KUOTA YG DITRM?

  17. SASA says :

    KPN SELEKSI MSK INCEN?APASIH KEUNGGULAN IC?

  18. IID says :

    EMANG DI IC G SMUANY BEASISWA?CM TERTENTU AJA ATO MENYELURUH?

  19. lutfiyana says :

    apa keunggulan2 dr IC ?
    trs bagaimana perbandingan’a sma GONTOR ?

  20. jupz says :

    lutfiyana :

    apa keunggulan2 dr IC ?
    trs bagaimana perbandingan’a sma GONTOR ?

    berdasarkan pengalaman saya, IC tidak sama seperti pesantren2 pada umumnya, karena memang IC sendiri bukan pesantren. Hanya saja orang luar menyebut IC dengan pesantren karena sistem pembelajarannya yang hampir full day dan seluruh siswanya diasramakan.
    Disamping memperoleh asupan ilmu pengetahuan dari sekolah, ada juga tambahan kajian-kajian keagamaan di malam harinya sebagai penyeimbang antara iptek dan imtaq nya.

  21. Tiara Fitriani says :

    saya siswa kelas IX d SMPN 3 Cilegon
    dari kelas 1 SD sampe sekarang alhamdulillah rank 1
    banyak yg bilang saya masuk IC aja, tapi saya masih bingung tentang informasi yg lebih jauhnya
    mohon diberi tau informasi lebih jauh untuk pendaftaran IC 2010/2011

    terimakasih,
    wasalam

  22. Nisah says :

    Assalamualaikum.
    Saya skrg sedang studi, mengambil penelitian di IC. Hebat sekolahnya, dan segala-galanya yang ada di sana. Saya ingin dapat info dari alumninya. Ada yang bisa saya hubungai lewat situs ini?
    Trimakasih
    Wassalam.

    • nurchotimah says :

      mbak nisah yang baik, bolehkah bu nur mendapat kiriman hasil penelitian on line. tlg email ke saya nurchmtl@yahoo.com. Moga jadi amal panjenengan, saya bu guru yang sangat peduli pada murid kurang mampu tapi cerdas. jazakalloh

  23. indah says :

    Brapa biaya yg hrs sy keluarkan pertama x mask ke IC.
    Trs ada SPP bulanan gx (misal uang komite, Asrma, makan dll) tks

  24. khordova says :

    ass pak saya mautanya bagai mana sistem pengawasan yg dilakukan oleh guru di asrama agar tidak terjadi kekerasan fisik yg dilakukan oleh senior wass……

    • mukhlason says :

      Pendekatan pendidikan yang dilakukan adalah kekeluargaan, asah-asih-asuh. Ada guru yang tinggal di asrama di dalam kompleks yang diamanahi untuk mengelola anak didik 24 jam, khususnya di luar jam belajar di kelas.

      Selain itu, masing-masing guru, memiliki beberapa orang anak asuh dari masing-masing tingkatan, ada yang kelas 1, 2 maupun 3. Guru dan Siswa asuh ini selalu makan siang bersama dan dijadikan ajang curhat kalo memang ada masalah dll.

      Kalau belum memuaskan, silahkan email saya di mukhlason@gmail.com

      Trims.
      Mukhlason, alumni IC angkatan 1996-1999

  25. arina hasbana says :

    Mohon informasi pendaftaran untuk SMA Insan Cendekia yg ada d Solo. Trima Kasih

  26. Ghadah Nurarih .M says :

    apkah, IC hnya mmlih orng2 trtntu saja untuk mnjadi muridnya??
    trs, apakah ada jalur beasiswa??

    syukron, wassalam.

  27. munasifah says :

    minta doanya ya…………. supaya anak saya bisa masuk di MAN INSAN CENDIKIA……………Amiennnnnnnnnn ya Allah

  28. fildzah says :

    kalau sya waktu klas 1 mts, semester 1 dpet ranking 10…
    itu bagaimana?
    tapi semester 2 sampai klas 3 ini alhamdulillah dpat 3 bsar…

  29. fathan aan says :

    klo pendaftaran yg daerahnya di luar jawa kayak mana ,?
    dan klo dari ketika smp nya di pondok pesantren apa dapat nilai tambahan?

  30. sri winarti says :

    Yth Pengasuh blog : Mohon info ttg biaya pendaftaran masuk sekolah sd insan cendekian serpong untuk anak kami kls 2 dan 5 SD ? Terima kasih kami ucapkan atas informasinya.

  31. mila wahib says :

    ass…
    tlg ya d muat tentang bea siswa untuk masuk man IC ini soalnya adek sy sgt berminat untuk bergabung d man IC
    trims….

  32. muhammad mukhlishin says :

    assalamu’alaikum
    sekarang biaya pendidikan man insan cendekia kan tidak 100% dibiayai oleh kemenag,. bisa mintta tolong dijelaskan biaangya pendidikan untuk tahun ajaran 2012/2013? adik saya sangat berminat untuk melanjutkan studi di MAN IC.
    sekalian minta tolong dijelaskan mengenai beasiswa – beasiswa yang ditawarkan di MAN IC.
    Terimakasih banyak,. mohon balasannya

  33. af'idatul azkiyah says :

    assalamualaikum,,,mau tanya,,,,, info pendaftaran IC 2012/2013 kapan akan dikeluarkan,,,,,,,,, dan apakah tes masuknya ada inter view.a??????? mhon balasannya

  34. nurchotimah says :

    Oh sejak kapan MAN IC tidak gratis? Jika ingin berkunjung kesanagimana ya caranya? Dulu saya kesana, karena tersesat jam 5 sore baru sampai, wah ndak bisa masuk.

  35. aminudin azis says :

    Anak saya ingin masuk menjadi murid
    Lulusan alazhar smp kelas 3 tahun 2012

  36. armand says :

    kalau tdk dpt rangking selama di kelasnya bagaimana, apakah msh bisa mendaftar dan ikut tes masuk? lalu apakah tetap dpt bea siswa?
    terima kasih.

    salam

  37. ilyoon choi says :

    pengumuman buat PPDB MAN IC 2012/2013 keluarnya kapan??
    trus kuota yang akan di terima ke Man IC kira-kira berapa orang??

  38. hamidah says :

    assalamu’alaykum…
    sy mw tnya, info psb th 2012/2013 kpn keluarnya?
    dan apa klo udh msuk msh bayar biaya sekolah?

  39. rachmawati says :

    Assalamualaikum wr wbr

    Sy bkn ingin memberikan komentar tetapi ingin bertanya. Apakah ada persyaratan nilai raport untuk bisa mendaftar di insan cendekia? Apakah anak2 dari smp umum (bkn madrasasah atau sanawiyah) bisa mendaftar di sekolah ini? Brp biaya masuknya? Anak2 dgn prestasi nilai yg sedang2 saja bisakah diterima di sini?
    Terima kasaih
    Waalaikum salam wr wbr

  40. Ahmad Alwani says :

    INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU MAN INSAN CENDIKIA SERPONG TAHUN AJARAN 2012-1013

  41. chibiromano says :

    biasanya yang daftar ke ic serpong berapa ratus orang ya?
    apakah ujian tesnya susah? apakah bhs arabnya yg tingkat tinggi? kalau soal mtk n ipanya?

  42. Nadia Putri Pratama says :

    kenapa testing’nya ngga pake sistem minus ?
    kan banyak yang mengandung faktor “luck ” atau keberuntungan.
    heran . banyak pintar genius dan benar2 bisa dibanggakan ngga masuk ic tapi yg asal2n gabisa apa2 nyobain test eeehh masuk . x_x
    saran : test nya adakan sistem minus jadi ngga ada tuh yg namanya faktor luck !!!

  43. widya says :

    alhamdulillah anak saya diterima di MAN Insan Cendekia (Incen) tahun ajaran 2012/2013…dari pesantren asalnya ada 8 siswa yang dipanggil untuk ikut ujian masuk, subhanallah…hanya anak saya yang lolos….puji syukur hanyalah milik Allah……..semua siswa dapat beasiswa penuh.
    untuk para orang tua yang ingin putra-putrinya bersekolah di Incen,, beri semangat putra putrinya untuk sukses dunia akhirat, dan kita orang tua jangan lepas memohon pertolongan Allah SWT

  44. yuli maharetta arianti says :

    saya ingin tahu informasi tentang smp insan cendekia, adakah jalur beasiswanya ? kapan kira2 penerimaan murid baru amgkatan 2013/2014 dimulai ?

  45. syaifulafif says :

    di IC bobot iptek sama imtaq lebih berat yang mana?
    lulusannya sudah ada yang di Al-Azhar Cairo belum?

  46. Qonita (@nitqonit) says :

    assalamualaikum..saya qonita dr arab saudi..sekolah di sekolah indonesia jeddah..saya ingin melanjutkan sma di ic? bagaimana caranya?karena sya di saud..sednghkan pendaftran online ! april,waktu saya un >>tolong kabarin yah,,sayapenegn sekali msuk ic….trims…kabarin segera yaaaah

  47. putri says :

    permisi… adakah sekolah tinggi di bawah naungan bapak habibie ?

  48. yayan suryadi says :

    assalaamu alaikum
    kpd yth para pembimbing insan cendikia saya
    mohon informasinya, apakah sekolah insan cendikia sudah ada tingkatan smp/tsanawiyah nya ? kalau ada dimana dan no tlp yang bisa dihubungi kmana?
    Jazakumullah
    wassalaam

    yayan suryadi – purwakarta

  49. yayan suryadi says :

    Assalaam…
    Saya Yayan Suryadi mau menanyakan apakah di IC Serpong sudah ada SMP/Tsanawiyah nya? Sehubungan anak saya thn depan akan masuk SMP.
    Terima kasih atas jawabannya
    Wassalam

    Yayan Suryadi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: