Bagaimana menjaga kestabilan jiwa?


1. Buat Reward and Punishment

Misal, bila kita menargetkan untuk membaca materi fisika sebanyak 2 bab pada hari ini, ternyata baru sampai bab kedua kita sudah jenuh. Nah caranya, buatlah reward terhadap aktifitas yang kita lakukan. Reward itu biasanya melakukan hal-hal yang kita senangi. Misalnya, kalau saya baca buku fisika sampai 3 bab, saya akan ngenet selama 2 jam. Atau kalau saya bisa baca 3 bab, saya akan makan mie ayam, dll tergantung apa yang sangat kita sukai. Insya Allah saat itu kejenuhan kita akan berangsur-angsur menghilang dan kita akan kembali semangat.
Namun, bila ternyata baru 2 bab kita sudah mulai ngenet atau melakukan hal tadi diinginkan, buatlah iqob (punishment/ hukuman) kepada diri kita sendiri, misal push-up 10 kali atau yang lain. Ingat…belajarlah untuk konsisten dan disiplin dengan apa yang sudah direncanakan.

2. Ibadah

Konsistensi (keistiqomahan) dalam ibadah juga mampu membuat jiwa kita lebih stabil. Sholat akan membuat kita lebih tenang. Bahkan Rasulullah pernah berkata kepada Bilal bin Rabbah: Istirahatkanlah aku dengan sholat dan menyuruh beliau adzan. Kondisikan diri kita untuk menjaga kestabilan ibadah seperti, targetkan bahwa kita minmal harus shalat berjamaah di masjid sehari sekali, atau dua kali. Mulai dari yang ringan dulu. Karena Rasulullah lebih menyukai ibadah yang dilaksanakan secara konsisten.

3. Olahraga

Salah satu kebutuhan tubuh manusia adalah olahraga. Dengan olehraga kita akan merasa lebih bugar. Dan itu akan berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan kita.

Cobalah mulai menata hidup ini dengan mensatbilkan jira. Karena bila kondisi jiwa sudah stabil, maka kita akan lebih tenang dalam menjalani hidup ini

-AAI @ Kantin 22-
Jam 8 Pagi

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: