Indonesia: Negara Paling Murah Senyum


INILAH.COM, Stockholm – Indonesia memang dikenal sebagai negara yang ramah oleh dunia. Bahkan, sebuah jajak pendapat di Swedia menempatkan Indonesia sebagai negara yang paling murah senyum di urutan pertama. Wow!

Mengutip laporan The Smiling Report 2009, yang digelar salah satu provider Misteri Belanja di Swedia menempatkan Indonesia sebagai negara yang paling tersenyum. Kategori ini sebagai hasil dari pelanggan layanan data dari evaluasi yang dilakukan di seluruh spektrum dan pameran oleh AB Bisnis di seluruh dunia, di Swedia.

Indonesia terpilih sebagai negara yang menempati urutan nomor satu dalam hal tersenyum (98%). Bahkan, negara kita juga menjadi dengan ucapan salam yang paling tinggi (98%).

Ironisnya, Swedia yang mengadakan jajak pendapat justru Cuma berada di urutan ke-24 pada kategori senyum (77%), dan urutan 31 untuk ucapan salam (81%). Jajak pendapat yang dilakukan 2008 ini berisi lebih dari 2,5 juta pertanyaan mengenai senyum (smile) dan salam (add-greeting) pada penjualan di 66 negara.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Satu KBRI Stockholm, Swedia Dody Kusumonegoro, Senin (18/5). Industri yang banyak senyum adalah di bidang kesehatan dan kecantikan perawatan, serta transportasi (86%) dan nilai terendah berada di layanan bisnis B2B (52%).

Dalam jajak pendapat itu disebutkan bahwa ucapan salam pada 2008 dan 2007 tercatat 81% dibandingkan dengan 88% pada 2004. Ucapan salam tertinggi selain Indonesia juga menempatkan Hongkong (98%). Sementara yang terendah adalah Maroko (48%). [nuz]

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: