Jalan Cinta Para Kandidat


Jalan Cinta Para Kandidat

Untukmu Para Kandidat Sejati………

kalau cinta berawal dan berakhir karena Allah,
maka cinta yang lain hanya upaya menunjukkan cinta padaNya,
pengejawantahan ibadah hati yang paling hakiki:
selamanya memberi yang bisa kita berikan,
selamanya membahagiakan orang-orang yang kita cintai.
-M. Anis Matta-

Pemira (Pemilihan Raya Mahasiswa) UGM telah berlalu. Ada banyak kisah yang ingin diceritakan disini. Namun tak perlulah dituliskan semua. Biarkan kisah itu mengalir bersama putaran waktu yang akan melewati rangkaian kisah perjalanan kami. Tentang suka, tentang duka, tentang senyum canda dan tangis luka. Tentang bagaimana fitnah begitu deras mengalir menghantam arus perjuangan para kandidat. Tentang bagaimana baliho-baliho kami dibakar tanpa perasaan. Tentang spanduk-spanduk kami yang kalian cabut dan dibuang entah kemana. Tentang bagaimana cela tak henti-hentinya dilontarkan untuk membuat langkah kami terhenti. Terhenti dari perjuangan ini.Yang akan membuat kalian tertawa lebar ketika kami takut menghadapi semua fitnah itu. Tapi semua itu salah kawan, tak ada baliho-baliho yang kalian bakar melainkan dalam setiap kobaran apinya justru semakin membuat semangat kami berkobar untuk terus memenangkan perjuangan ini. Ketika spanduk-spanduk kami kalian cabut, tak terlintas sedikitpun rasa takut di dada kami. Justru rasa takut itu akan tercabut dari dada kami yang akan tergantikan dengan keberanian untuk tetap berada dalam arus kebenaran. Menapaki setiap langkah dengan pasti. Tak ada kata untuk menyerah meski kaki ini harus tertatih tertusuk duri, meski dahaga menyurutkan semangat untuk bertahan, tetapi semua letih dan payah itu pasti akan tergantikan dengan sebuah momen indah. Entah itu diakhirnya ataukah indah yang akan kita rasakan selama perjalanan panjang ini.

Tahun ini, ada tujuh partai peserta Pemira. Sesuai nomor urut, partai-partai tersebut ialah Partai Srikandi, Partai Boulevard, Partai Kampus Biru, Partai Bunderan, Partai Balairung, Partai Sayang Mama, dan Partai Macan Kampus. Dari ketujuh partai tersebut, ada tiga partai yang mengajukan calon Presiden BEM KM UGM. Partai Kampus Biru mengajukan Andryan Wikrawardana (Planologi), Partai Bunderan mengajukan Aza El Munadiyan (MIPA), dan Partai Boulevard mengajukan Yuri Ashari (Ilmu Pemerintahan). Selain ketiga calon perwakilan partai tersebut, ada satu calon independen yaitu Ikhsan Ahmad Barokah (D3 Teknik Elektro).

Kontestasi pemilihan Capresma dan DPM telah dimulai sejak dibukanya masa kampanye pada 3 Desember lalu. Atribut kampanye turut menyemarakkan konstelasi politik di UGM yang terjadi setahun sekali ini. Baliho-baliho besar menjadi pemandangan biasa di sekitar kampus, bahkan jumlahnya melebihi baliho-baliho kegiatan kampus. Sampai-sampai baliho acara Dies Natalis UGM pun tersaingi oleh baliho para kandidat.

Secara kultur politik, UGM memang menjadi pioneer bagi perkembangan partai Mahasiswa. Sebut saja partai Bunderan, yang merupakan partai mahasiswa pertama yang didirikan di Indonesia, Bahkan ia menjadi partai pertama yang muncul setelah 3 kekuatan partai besar masa orde baru menguasai Indonesia yaitu PPP, PDI dan Golkar. Partai ini senantiasa mengusung isu perbaikan kampus dalam bingkai keebragaaman. Bersama elemen kampus lainnya melakukan pengelolaan lembaga mahasiswa yang profesional, jujur, komitmen pada perbaikan, kritis, dan berani mengatakan kebenaran di depan penguasa. Kritis dan konstruktif, inilah jargon yang terus dipegang dalam upaya membangun peradaban bangsa dari kampus.

Dan akhirnya, jalan cinta itu berakhir indah. Para kandidat telah melepas semua penatnya memikirkan pemira yang melelahkan. Tak ada yang lebih indah selain menjalani proses menuju kemenangan itu dengan perjuangan yang ikhlas dan dan dengan cara yang bersih. Itulah, jalan cinta para kandidat, yang akan tetap memberikan cintanya pada kampus ini, bangsa, dan ummat. Yang akan tegar dalam pengorbanan cinta untuk mewujudkan UGM yang lebih baik meski halang rintang akan selalu menghadang selama langkah ini diayunkan. Cinta kepada almamater untuk terus berkarya dan berkontribusi demi kondusifitas ekspansi nilai-nilai kebaikan. Cinta yang tak mudah dimiliki oleh mahasiswa-mahasiwa lain, yang tak peduli dan tak mau peduli akan besarnya potensi kampus yang belum sempat dimaksimalkan. Cinta yang juga menjadi bukti bahwa di pundak-pundak kita (baca: mahasiswa) ada banyak titipan-titipan pesan dari rakyat Indonesia yanga memimpikan negeri ini kembali berjaya seperti zaman nenek moyang mereka.

Dari data sementara yang ada, Pemira UGM tahun ini dimenangkan oleh Partai Bunderan dengan rincian:

1. Partai Bunderan: 3329 suara

2. Partai Boulevard: 2405 suara

3. Partai Kampus Biru: 1389 suara

4. Partai Sayang Mama: 884 suara

5. Partai Macan Kampus: 778 suara

6. Partai Srikandi: 753 suara

7. Partai Balairung: 506 suara

Sedangkan untuk Pemilihan Presiden Mahasiswa UGM, Update terakhir per 18 Desember 2009 Pukul 21. 50 adalah:

1. Ikhsan Ahmad Barokah (Capres Independen): 1976 suara

2. Andryan Wikrawardana (Partai Kampus Biru): 1639 suara

3. Aza El Munadiyan (Partai Bunderan): 4273 suara

4. Yuri Ashari (Partai Boulevard): 2404 suara

5. Abstain: 541 suara

6. Tidak sah: 288 suara

Menang bukanlah tujuan akhir, ia hanya permulaan untuk tetap memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Menang bukanlah untuk dibanggakan lalu terlena dengan kemenangan yang diraih, akan tetapi ada banyak kepala-kepala, ada banyak hati-hati juga jiwa-jiwa yang merindukan adanya perubahan UGM ke arah yang lebih baik lagi, pun juga Indonesia. Karena apalah artinya kemenangan, bila hati kita kalah dengan nafsu, yang membuat orang lain kecewa dengan kemenangan yang dirah. Kini, saatnya untuk membuktikan bahwa kemenangan yang baru saja diraih, adalah kemenangan kita bersama.

-Kemenangan ini juga kami persembahkan untuk saudara-saudara kami di UI, jangan patah semangat, karena yang Allah kehendaki tahun ini, itulah yang terbaik. Karena fase kepemimpinan itu pasti akan dipergilirkan.

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

2 responses to “Jalan Cinta Para Kandidat”

  1. Ihsan AB says :

    Salam perjuangan mahasiswa gadjah mada….

    Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Aza El-Munadiyan sebagai presiden mahasiswa UGM periode 2010. Semoga, BEM KM UGM benar-benar bisa menjadi garda terdepan perjuangan mahasiswa Indonesia.

    Mohon direvisi kembali, jumlah perolehan suara dari semua pihak. Karena hasil yang ditetapkan KPRM kemarin, tidak sesuai dengan apa yang ada dalam situs ini.

    Harap maklum. Ini hanya sebuah informasi lanjutan saja. “Wahai kalian yang rindu kemenangan, wahai kalian yang turun ke jalan… Demi mempersembahkan jiwa dan raga… Untuk Negeri tercinta…” SEMANGAT!

    • Jup'S says :

      Perolehan suara partai mahasiswa

      1. Partai Srikandi : 708 suara

      2. Partai Boulevard : 2436 suara

      3. Partai Kampus Biru : 1415 suara

      4. Partai Bunderan : 3358 suara

      5. Partai Balairung : 513 suara

      6. Partai Sayang Mama : 889 suara

      7. Partai Macan Kampus : 808 suara

      Suara tidak sah 635; Abstain 319; Total 11081

      Perolehan suara calon presiden mahasiswa

      1. Ihsan Ahmad Barokah (independen) : 1977 suara

      2. Andryan Wikrawardana (Partai Kampus Biru) : 1639 suara

      3. Aza El Munadiyan (Partai Bunderan) : 4273 suara

      4. Yuri Ashari Nasution (Partai Boulevard) : 2404 suara

      Suara tidak sah 541; Abstain 288; Total 11122

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: