NGAPAIN JUGA SIH GUE NGAJI … !!!


Saat hening menggelayuti pojok-pojok ruangan kelas, Terciptalah sebuah percakapan antara dua orang soulmate di kampus. Sebut saja namanya PAHLEVI dan IDRUS (*anggap saja bukan nama sebenarnya)

Idrus : Cuy, gue pinjem Quran Lu dunk.. duh seharian gw Belum ngaji sama skalii inii .. Gw lupa bawa mushaf pas berangkat ke rumah lu tadi…

Pahlevi : Yah rus, Quran gw ilaang dari kapan tauuuu

Idrus : Ilang ? sejak kapan ?

Pahlevi : Beeeehhh, udah lama banget, sejak gw lulus SMA

Idrus : Eh busseettt, udah 4 taun lu kgak punya Quran ?Jangan bilang udah 4 taun juga Lu kgak pernah ngaji ..

Pahlevi : Yaaa iyyyaaa laaahhh .. Dodol amet, Lu gimana sih, jelas-jelas gw kga punya! Udah ah, GAK PENTING tau ngaji.. mana ntu hurup KRIWIL-KRIWIL gak jelas, Liak-Liuk bisa bikin mata gw MINUS..

Idrus : Ih Elu… kok gtu siih … Tapi Lu masih bisa ngaji kaaann ?

Pahlevi : Bisa dooonggg, kan kita dulu sama-sama di SD Islam entu tuh, diajarin cara ngaji sama Pak Budi .. Masa Elu Lupa…!! Pla’un Lu Ah… Udah kaya kakek gw pelupa mulu ampe BETE gw kalo ngobrol ama die

Idrus : Lha trus trus, kalo Lu masih bisa ngaji knapa Lu kgak ngaji ??

Pahlevi : Gw belum dapet hidayah Rus…

Idrus : Idiiih, masa Lu harus nunggu dapet hidayah ?? Lahhhh, kalo ampe Lu mati Lu kagak dapet hidayah, gmana ntu ?

Pahlevi : Ya biarin aja

Idrus : sembarangan Lu ngomong…!!!

Pahlevi : Ya elaaahh Rus, yg penting kan gw gak lupain sholat 5 waktu … !! Lha kan amalan pertama yg ditanya ntar sholatnya !! kalo sholatnya bae, ya kesono-sononya juga bae… Lu gak denger apa kata pak Haji pas ceramah kemaren !! Lagi-lagi Lu lupa deh.. !

Idrus : I….iiiya siiih, tapi kaaann ………..

Pahlevi : Hayooo mau ngomong apa Lu ???? kalah kan Lu ama gw !!! hahaha

Idrus : Pahleviii…, apa Lu gak bangga sebagai muslim ?

Pahlevi : Ya jelas bangga dong meeenn… buktinya gw masih solat.. taraweh di masjid gw pake Koko… rapiihh, ampe tetangga kita yang bening ntu naksir ma gw .. ahaha

Idrus : Trus Lu bangga gak dengan pedoman hidup Lu ??

Pahlevi : maksud Lu Quran ??

Idrus : ya iya laaaahhh. Masa komik One Peace .. !

Pahlevi : Jelas bangga dong boy .. kan Quran itu nunjukin ke arah kebaikan

Idrus : Trus knpa Lu kgak baca ???!!!

Pahlevi : nah ntu dia Rus, BELUM DAPET HIDAYAH !!!!

Idrus : Vi, apa Lu pikir hidayah itu harus ditunggu ?

Pahlevi : Ya iya lah Rus …

Idrus : tanpa ada usaha ??

Pahlevi : Yooooiii,, mamen…

Idrus : Skarang gini deh, Lu ada program Quran digital gak d laptop Lu ?

Pahlevi : ada

Idrus : Coba Lu buka deh

Pahlevi : Udeh.. Lu mau apa sii ? mau nyuruh gw baca Quran lewat monitor laptop ? Ogah ah, kgak enak tau baca dari monitor.. Tar mata gw JURING

Idrus : gw gak nyuruh lu untuk itu kok, coba deh di program ntu, Lu masuk fasilitas SEARCH, trus Lu ketik kata lautan.. trus enter

Pahlevi : Udeh boy

Idrus : coba deh Lu itung tuh, kata lautan ada berapa di Quran?

Pahlevi : Idih, ogah banget deh gw dsuruh ngitung!! emank gw BABU Lu!

Idrus : gw kasih wafer satu bungkus deh, ni udah gw siapin khusus buat Lu..

Pahlevi : bener yeee … awas Lu boong … mmm .. atu, dua ….. ada 32 kali cuy

Idrus : sekarang coba Lu ketik daratan, ada berapa ntu kata di Quran ?

Pahlevi : atu… dua … tiga …….. …… lebih banyak cuy, ada 45 ..!! Ntar dulu deh, maksud Lu nyuruh gw ngitung-ngitung kyak anak SD gini buat apa siii ? gak jelas banget kayaknya…

Idrus : Udeh deh, Lu ikutin aja … itu angka Lu simpen dulu di otak Lu ye.. skarang gw mau Tanya, jumlah lautan ama daratan di bumi ini banyakan mana si luasnya ??

Pahlevi : ya lautan lah boyy, Lu gmana sih .. Wong lautan aja ampe kurang lebih 70% dari luas permukaan bumi .. kalo gak salah tepatnya 71,111 %

Idrus : Pinter Lu ??

Pahlevi : Ya elah, itu kan pelajaran geografi SMP, masih dasar jadinya gue ingett

Idrus : Ok.. masih inget tadi Allah nyebutin kata lautan dan daratan berapa ?

Pahlevi : 32 ama 45

Idrus : coba Lu bagi 32 dengan 45 .. nih pake kalkulator gw

Pahlevi : mmm…. Hasilnya ….. 0,711111111111

Idrus : itu kan baru bilangan desimalnya .. kalo dalam skala 100 % ????

Pahlevi : yaaa… berarti jadi 71,111111 % ….

Idrus : gmana menurut Lu ?

Pahlevi : gimana apanya ?

Idrus : ya itu tuuu .. ituuuhhh, angka 71,11111 % .. kata Lu jumlah lautan kisarannya ada 71,1111 % dari luas permukaan bumi

Pahlevi : Iya Rus ye, sama banget sama perhitungan gw ini

Idrus : Itu baru satu contoh keajaiban Quran bro … masih banyak prediksi Quran yang di kemudian hari bener!!

Pahlevi : keren juga ya… btw, kok Lu bisa pinter Rus ? perasaan Lu dulu rada-rada bandel deh

Idrus : Ya itu karna gw sering ikut pengajian ko, makanya gw tau .. di samping ngaji gw juga baca-baca buku agama.. jadinya tau deh.. Nih ada pertanyaan lagi, Lu kan jago kimia dasar, pasti tau dunk.. nomor massa besi berapa ?

Pahlevi : ada yang 56, 57, ama 58 gr/mol …Cuma yang stabil ntu 57 gr/mol

Idrus : Coba Lu liat surat ke 57 di Quran digial Lu ntu. Itu surat apa ?

Pahlevi : Surat Al-Hadiid..

Idrus : Artinya ??

Pahlevi : artinya Besi …

Idrus : Tuh kan klop! 57 …. !! Gak mungkin ini suatu kebetulan, Penyusunan Al-Quran itu udah hampir 14 abad yang lalu.. Orang dulu mana tau nomor massa besi yang terstabil 57 gr/mol .. !! Ini emang udah Alloh rancang supaya kita bisa ngambil hikmah kalo Quran ini bener dari Alloh datangnya, luar biasa, supaya kita gak segan-segan untuk ngebacanya..

Pahlevi : Iya Rus, Quran keren yaa… Gw… gw baru tau … Parah banget gw kgak pernah baca kitab gw sendiri, padahal di dalemnya isinya luar biasa dahsyat … Gw ngerasa ilmu agama gw cetek banget …. Gw males banget Cuma baca Quran .. Gw … gw … (tertunduk lesu)

Idrus : Nih Vi, gue mau kasih tau ke Lu .. hidayah itu gak akan bisa dateng kalo kita Cuma nunggu sambil males-malesan.. sampe MATI juga bisa-bisa ntu hidayah untuk ngaji gak kan dateng… Lu tau Salman Al-Farishi kan?? Sahabat Nabi yang terkenal di perang Khandaq pas kaum muslimin udah dikepung di dalem kota.Tapi dia ngusulin bkin parit di sepanjang lingkar kota yang gak ketutupan bukit. Alhasil, kaum muslimin menang!!

Pahlevi : maksud Lu ?

Idrus : itu Cuma selingan.. balik lagi ke yang tadi .. hidayah itu bisa dateng kalo disertai usaha juga! Orang mau berhenti mabok, tapi kalo masih temenan ama yang mabok-mabok, masih ke diskotik, ya pasti ujung-ujungnya kena juga .. Sama aja kayak  Salman ini.. dia ntu dulu lahir d tanah Persia, terlahir sebagai penyembah Api, agamanya Majusi.. Tapi, suatu ketika ia sadar cara beribadahnya salah.. Ia keluar dari agamanya, tapi yang ia dapet kakinya malah dirantai sama bokapnya …

Akhirnya ia ketemu sama pemuka agama yang lewat depan rumah. Atas ijin Alloh lepaslah tu rantai dan dia ikut belajar sama pemuka agama ntu. Sekian lama belajar, eh ntu guru udah tua dan gak bisa lagi ngajarin Salman. Akhirnya ia disuruh ke pemuka agama yang lain atas rekomendasi gurunya ntu. Akhirnya pindahlah ia ke daerah Mosui. Setelah beajar di sana, si guru yang baru juga udah tua, sakit-sakitan, dan nyuruh salman pergi ke guru yang lain di Amuria. Itu di daerah Romawi boy, Lu bayangin aja pindah sejauh itu… !

Akhirnya pindah lagi deh die. Sesampainya di sana, ketemulah ia sama ntu guru. Ia belajar sekian lama, sampai suatu waktu ntu guru juga udah gak sanggup dan minta Salman pergi.. Si Guru berpesan ke Salman kalo sekarang udah ada nabi terakhir yang turun, lokasinya di daerah yang ditumbuhi pohon kurma dan datarannya gersang berpasir. Ntu guru minta salman supaya nemui tuh orang, karna dia nabi terakhir dan ada cap kenabiannya.

Dengan berbagai upaya yang panjang, ia ketemu sama kafilah yang juga menuju ke tanah Arab, Salman ikut dan singkat cerita ia ketemu dengan Rasulullah Muhammad SAW trus menyatakan diri keislamannya!! Hmm, sebenernya ceritanya panjang banget boy, ini gue singkat-singkat aja .. kalo Lu baca shironya Salman yang mencari Tuhan, Gw yakin Lu nangis bacanya

Pahlevi : (menitikkan air mata)

Idrus : Ya udah Vi, ga pa pa … gw Cuma pengen sohib gue tau aja.. Kan kita wajib saling nasihat-menasihati dalam kebaikan bukan ??

Pahlevi : Rus, makasi ya, Lu emang sohib gue .. Gw nyesel banget gak pernah baca Quran .. Rus anterin gw ke toko buku ya sekarang

Idrus : mau ngapain ?

Pahlevi : Ya beli Quran lah Rus, Kan gw gak punya Quran …..

Idrus : pasti gw anterin … hayuu

===============================================================

setelah peristiwa itu, Pahlevi menjadi rajin mengaji. Setiap setelah maghrib dan shubuh, ia selalu menyempatkan membaca 2-5 lembar Al-Qur’an. Setiap bulan Ramadhan, ia punya target minimal sekali khatam. Subhanalloh. Kita pun bisa seperti Pahlevi, selama kita memiliki usaha untuk menjemput hidayah yang kita inginkan juga mempertahankan hidayah ini habis-habisan.

Wassalam

*dari note Hifdzi Ua,,dengan beberapa perubahan



About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: