baca, tulis, lakukan


Sudah banyak waktu  yang mungkin telah kubuang selama ini, entah untuk sekedar bermain-main ataupun melakukan sesuatu yang sebenarnya tanpa makna. Padahal, disana masih banyak tumpukan buku yang memanggil mata ini untuk membacanya. Bahkan untuk sekedar melintasi halaman depannya saja sudah membuat kepala ini enggan untuk menorehkannya. Terlalu banyak memang, tapi sebenarnya bukan bukunya yang terlalu banyak. Akan tetapi terlalu banyak alasan untuk menunda membacanya. Terlalu banyak pembenaran untuk tidak sama sekali menyentuhnya.

Hingga dalam perjalanan waktu, akupun tertegur dengan sebuah tulisan. Bahwa  isi kepala ini sesuai dengan apa yang dibaca dan diresapi oleh kelima panca indera yang ada. Ternyata tulisan tak hanya sekedar merajut makna dalam sebentuk kata saja, akan tetapi ada kekuatan yang menggerakkan bagi si pembaca. Entah itu kekuatan apa, yang pasti malam ini aku semakin tersadarkan bahwa ada sebuah kekuatan yang akan saling melengkapi ketika kita menulisa apa yang dibaca dan membaca apa yang ditulis. Bukankah dua hal ini memang selalu berkaitan?

Adalah PENA (al-Qalam) makhluk pertama yang tercipta, bukan malaikat, jin apalagi manusia.

Menulislah tentang apa yang kau rasakan hari ini, tentang pilu yang mungkin menyesakkan dada. Biarkanlah tanganmu yang mengurangi sesak itu dalam tulisan. Membuatnya menjadi sedikit lega atas segala persoalan. Tentang bahagia yang mungkin tak seorangpun tahu tatkala semburat senyum kini sedang menghiasi wajahmu. Tentang apapun.

Berkaca pada tulisan seorang teman di blog, ternyata ia bisa menjadi perantara untuk mengingatkanku akan kealpaan selama ini. Ia mungkin tak tahu bahwa tuts-tuts hitam keyboardnya telah pula menyentuh hati terdalamku. Mengingatkan dengan halus, hingga tanpa sadar sebuah tamparan keras menghantam bilik-bilik hati yang penuh karat ini. Sembilu. Bila ternyata masih ada kesempatan yang terbuang percuma.

Baca, Tulis dan lakukan….

Sleman: 9.41 p.m, 12 Nopember 2010

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: