dari pak Edi…


Ada tiga hal yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan dan kebaikan bersama. Tiga hal itu adalah pengembangan keahlian (tanmiyatul kafa’ah), sumber penghasilan (kasbul ma’isyah), serta penyebaran pemikiran (nasrul fikroh).

1. Tanmiyatul Kafa’ah.

Menjadi kader dakwah yang mempunyai spesialisasi khusus adalah sebuah harapan bagi sebagian besar kita. Kita tidak menutup mata melihat keberhasilan saudara-saudara kita yang telah sukses dengan skills yang ia punyai. Ataupun kita juga bisa melihat saudara-saudara kita yang hanya dengan kemampuan pas-pasan saja, mereka kemudian kurang sukses dalam meniti karier. Kita tidak sedang membicarakan karier secara membabi buta sebaimana hausnya pejabat-pejabat memburu jabatan tertentu. Akan tetapi, kita sedang membicarakan karier dengan sebuah perencanaan yang baik: bahwa jabatan adalah amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan adanya kita di aparatur pemerintahan, maka peluang mengembangkan keahlian dan kompetensi yang kita miliki menjadi terbuka lebar. Pelatihan, kursus, ataupun tugas belajar terbuka lebar bagi kita yang benar-benar mempunyai keinginan untuk mengembangkan diri.

2. Kasbul Ma’isyah.

Persoalan penghasilan memang menjadi masalah yang cukup sensitif dimanapun tempatnya.Karena kita ketahui bersama bahwa sesuatu yang haram, selain berdosa, tidak akan membawa keberkahan.

3. Nasrul Fikroh.

Kita, para pembaharu (mujaddid) itu, harus bisa menyebarkan nilai-nilai kebenaran dan kejujuran di lingkunan sekitar kita.Kita bisa menjadikan diri kita pribadi-probadi yang itqon (profesional) dalam setiap amanah. Jadilah para pahlawan kebenaran. Jadilah para pahlawan kebaikan. Menyebarkan kebaikan kepada lingkungan terdekat kita.


About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: