antara kompetensi dan jaringan


seseorang pernah berkata kepada saya, bahwa biasanya yang kuliah di luar negeri itu, ada 2 kemungkinan: dia pinter banget atau jaringannya banyak.

di sadari atau tidak, memang banyak peluang-peluang yang kita dapatkan selalu berkutat pada dua hal itu. kompetensi atau jaringan. Lebih-lebih kalau frase penyambungnya bukan sekedar “atau” melainkan “dan”, wah pasti akan lebih banyak lagi peluang-peluang yang tersedia.

ketika kompetensi kita pas-pas an, maka yang menjadi senjata utama kita selanjutnya adalah bagaimana mengoptimalkan jejaring yang kita miliki, entah sesama komunitas alumni sma, dengan guru, dosen, atau dg murabbi #eh.

ada empat kondisi yang menggambarkan hubungan antara kompetensi dan jaringan:

pertama, Jika seseorang tidak memiliki kompetensi dan tidak memiliki jaringan, maka tidak akan terjadi mobilitas vertikal yang efektif, ia akan sulit untuk mengembangkan dirinya, apalagi untuk meningkatkan daya tawarnya bagi orang lain.

kedua, Jika seseorang tidak memiliki kompetensi namun ia memiliki jaringan yang bai, maka yang terjadi adalah mobilitas vertikal yang semu. ia akan cepat naik namun juga cepat jatuh. Karena karir dan pencapaiannya tidak berdasarkan kompetensi yang dimiliki.

ketiga, Jika seseorang memiliki kompetensi namun tidak memiliki jaringan, maka mobilitas vertikal tetap terjadi, namun akan berjalan dengan lambat karea minimnya jaringan tersebut.

keempat, Jika seseorang memiliki keduanya, antara kompetensi dan jaringan, maka mobilitas vertikalnya akan menjadi  lebih optimal, selain ia dipercaya karena integritas dan keahliannya, ia juga lebih dikenal dengan baik oleh jaringan-jaringan yang dimiliki.

 

Blimbingsari, 27 Maret 2012

Iklan

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: