dicoba deh


Hari ini materi terakhir metodologi menghafal al-Qur’an dari ust. Yusuf Mansur di wisata hati antv. Dari episode pertama sampai ke-5 ini, ada beberapa poin yang bisa diambil pelajaran sebagai metode menghafal al-quran yang menurut saya cukup efektif.

1. Menghafal Qur’an itu sbg bentuk berbakti pada orang tua yg terbaik, krn para orang tua akan dipakaikan mahkota di surga nanti oleh para anak-anak penghafal qur’an

2. Niat untuk menghafal qur’an harus diluruskan lillahi ta’ala, tidak hanya untuk dihafal saja tapi juga diamalkan.

3. Al-Qur’an itu kepunyaan Allah, makanya kalau mau menghafal, minta langsung sama Allah supaya dimudahkan.

4. Hafalan adalah buah dari seringnya interaksi kita dengan Al-Qur’an.

Terkait keutamaan-keutaman lain lebih lengkap cari sumber lainnya deh,, pasti bnyk bgt.

Berikut ini salah satu metode menghafal al-Qur’an berdasarkan hasil kesimpulan materi 5 hari tersebut;

~ Al-Qur’an standar pojok (ex: penerbit syaamil) itu kan biasanya ada 15 baris per lembarnya. nah itu bisa dihafalkan dalam waktu sehari. Percaya nggak? Coba aja….  intinya ada azzam yang kuat, klw masalah waktu. insya Allah bisa diatur. Bayangin deh satu hari bisa satu halaman, berarti kalau dihitung2 untuk menghafal Alqur’an 30 Juz (sekitar 600 halaman) butuh 600 hari / 20 bulan, atau dengan kata lain kurang dari 2 tahun kita bisa hafal al-qur’an. Inget kan kisahnya Isa beberapa waktu lalu di chatingdenganYM, seorang lumpuh yang bisa menghafal qur’an dalam waktu 9 bulan.

~ Kalau kita memasang target kurang atau lebih dari satu lembar perhari juga bisa. Tp lebih enak per lembar sih biar muroja’ahnya lebih gampang,

~ misal 1 hari di bagi 5 waktu untuk menghafal: ba’da zuhur,, ba’da ashar, ba’da maghrib, ba’da isya, ba’da subuh. (Ini sih keliatannya idealis,, kenyataannya sering nggak terwujud,, biasanya abis shlat, zikir bentar langsung caw, tp gpp bicara ideal dulu).. dari 15 baris itu di bagi 5 kali menghafal. …

~ Tiap baris/ayat dibaca berulang-ulang sampai 20 X.. (misalnya anda sudah hafal dalam pengualangan ke-5,, tetep aja sampe 20 kali,, karena hafal di pengulangan ke-5 nggak menjamin hafal di pengulangan ke-10.. dan kalau sudah 20 kali, insya Allah ingetannya lebih lama)

~Selesai baris pertama, hafalin baris ke-2 dengan pengulangan 20 X… kalau udah hafal, ulangi baris pertama dan ke-2 sebanyak 20 kali juga… begitu seterusnya…. Jadi biasanya ayat yg paling dihafal baris paling atas krn udah diulang ampe ratusan kali🙂

~Biasanya banyak yg bilang klw waktu ba’da subuh itu waktu paling enak buat ngapalin, tp klw bagi saya, itu waktu paling pas buat muroja’ah…. krn saat otak mampu bekerja lebih berat, digunakan untuk pekerjaan yg lebih berat, klw ba’da zuhur biasnya kan udah jenuh, ya dimanfaatin buat yg membutuhkan energi lebih kecil, yaitu menghafal. (loh kok aneh?? biarin hehe, karena muroja’aah itu lebih sulit dibandingkan dengan menghafal…. ) .Menghafal 1 baris itu bisa dalam waktu satu menit, tapi menghafal 5 baris tidak bisa diektrapolasi menjadi 5 menit,, karena merangkai menjadi hafal 5 baris itu butuh waktu yang lebih panjang dibandingkan menghafal baris per baris itu sendiri… Jadi, mumpung waktu ba’da zuhur itu cukup panjan, gunakan untuk menghafal 5-7 baris (sekitar 30 menit)… abis ashar nggak usah aja, bisanya banyak yang pada syuro, nah abis maghrib lanjutin sisanya, krn waktu ba’daa maghrib itu nanggung banget buat ngapa2in, mau makan tanggung, ini itu tanggung,  lebih baik digunain buat ngapalin sisa hafalan sambil nunggu isya.. Nanti abis tahajjud baru deh kita rangkaikan antara hafalan maghrib dengan hafalan zuhur… Habis subuhnya disempurnakan. dan waktu duha dipake full satu halaman tiap rakaat. Insya Allah udh lancar…. Untuk hari-hari selanjutnya, muroja’ah bisa dilakukan tiap abis tahajjud… (nah, ini maksud sy tadi, ngapalin per lembarnya siang ,zuhur-magrib, tp muroja’ah akumulatifnya pas tahajjud sampe ba’da subuh, bahkan akumulasi berlembar-lembar)…

~ Itu sih hanya salah satu metode dari sekian juta metode yang ada😀, silahkan cari metode yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yg tersedia. Intinya tetep ngapalin qur’an meski satu hari satu ayat,, malu klo ngeliat anak2 kecil hafalannya udah 30 juz, sedangkan kta klo shalat masih terus pake “kulhu”… biar pelan asal lancar, jangan sampe ngapalinnya cepet, tapi ilangnya juga cepet.

~Pada pengen kan punya presiden yg hafal qur’an? punya menteri yg hafal qur’an? Tentara, polisi, pengusaha, dokter, dlll yg hafal qur’an? Bisa jadi anda sebenarnya lah yg diharapkan itu..

bismillah

Tag:

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

4 responses to “dicoba deh”

  1. aerodest says :

    boleh nambahin? menurutku menghafal juga sangat tergantung dengan kondisi sekitar. cntohnya waktu itu di asrama kami ada program tahfidzul qur’an 6 bulan. luar biasa, dlam 6 bulan itu ada yg bisa nambah hafalan sampai 3 juz (itu yg terbanyak) dari target awal bersama 4 juz, rata2 bisa nambah 2 juz.
    nah, tapi setelah program itu berakhir, usut punya usut, tanya sama temen2 juga (dan liat diri sendiri juga), penambahan hafalan tidak sesignifikan waktu program intensif itu…
    padahal itu masih di satu tempat yg sama lho..

  2. jupz says :

    nah itu dia,,, sy juga ngerasain, masa2 semangat paling cuma bentar..naek-turun,.. sehari aja udah bolong, rasanya berat untuk mulai lagi…. apalagi klo gk ada tmn buat muroja’aah… akhirnya terganung mood,,, jadi harus memutar ulang apa yg dulu pertama kali jadi motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: