Tes Kepribadian


Beberapa hari lalu, saya mengikuti sebuah tes yang direkomendasikan dari kantor. Cukup sederhana, kita hanya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan secara daring. Ada 2 website yang digunakan, yaitu: crystalknows.com & truity.com. Seperti biasa, umumnya tes-tes tersebut hanya sebagai tools untuk lebih mengenali kepribadian kita. Tidak 100% betul semua memang, namun paling tidak menjadi gambaran awal seperti apa potensi yang kita miliki.

Dari sekitar 100-an orang yang mengikuti tes, sudah bisa ditebak, hasilnya sangat beragam. Tidak ada hasil pengukuran yang sangat dominan. Ini menjukkan bahwa setiap orang itu unik. Hatta, dalam sebuah organisasi yang homogen pun pasti ada perbedaan antara satu individu dengan yang lainnya.

Dari situ saya memahami, bahwa setiap orang punya keunikan, punya potensi, punya kelebihan masing-masing. Karena itu, pentingnya humility atau kerendahan hati. Sebaik apapun yang kita bisa, tidak boleh menganggap diri paling baik, secerdas apapun pengetahuan kita, tak boleh tinggi hati. Karena akan ada satu sisi dimana disitulah letak kelemahan dan kekurangan kita sementara orang lain lebih unggul.

Tim yang baik bukan sekedar mengumpulkan semua orang hebat dalam satu tempat, melainkan mereka yang saling melengkapi setiap celah kekurangannya untuk bisa bergerak maju bersama. Menghilangkan ego, dendam pribadi, kesombongan dan lain-lain yang menganggap orang lain rendah dan gagal dalam melaksanakan kerjanya.

4/9/2021

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: