#04 Ikhlas apapun hasilnya


Pilihan kita, pada saatnya nanti akan ‘berhadapan’ dengan ketetapanNya. Apakah keinginan dan harapan sudah sesuai dengan kenyataan.

Manusia hanya berusaha, apapun hasilnya, itulah yang terbaik baginya (dan efeknya baik juga untuk orang lain). Selama kita memiliki ruang di hati untuk mengikhlaskan, insya Allah semua yang Allah kehendaki pasti akan diterima dengan kesyukuran. Sebab, tak mungkin Allah memilihkan yang salah.

Selain ikhtiar, do’a adalah penyambung antara keinginan manusia dan kehendakNya. Do’a adalah penguat harapan, pengiring kesyukuran. Tak ada do’a yang tak didengar olehNya. Hanya mungkin kita saja yang tidak terlalu peka bahwa Allah sudah mengabulkan do’a-do’a kita dalam bentuk jawaban yang lain yang tidak kita sadari.

Mengikhlaskan apapun yang terjadi, adalah salahsatu kunci hidup bahagia. Keinginan boleh saja tak sesuai dengan kenyataan. Tapi, toh pasti akan Allah ganti dengan yang jauh lebih baik lagi.

Berat memang, belajar untuk ikhlas. Tapi paling tidak mulai saat ini. Saat akan melakukan ikhtiar apapun, sediakan ruang di hati untuk belajar tentang keikhlasan. Agar tak terlalu kecewa bila hasilnya nanti tak sesuai harapan.

Banjarmasin.04.Ramadhan1435H

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan komentar