childfree


terlalu banyak perdebatan tentang childfree, ada yang mendukung dan menolak. kalau saya pribadi;

  1. Ngapain sih diumbar-umbar ke publik, kalau memang keputusannya tidak ingin punya anak, ya sah-sah aja. ga ada yang melarang. Negara juga ga melarang kalau warganya ga punya anak, dalam agama juga sepengetahuan saya ga dosa kalau ga punya anak. Beberapa ulama malah ada yang memutuskan tidak menikah.
  2. Ini bukan dukung-mendukung atau tolak-menolak. saya sendiri tidak menyalahkan mereka yang mengambil keputusan childfree. bebas. tapi tidak juga mendukung “kampanye” ini. kenapa dibilang kampanye, ya sangat begitu massifnya pembicaraan ini, sampai dibikin vlog dan podcast berjilid-jilid.
  3. Kalian tuh yang influencer, manfaatkan amanah sebagai “orang terkenal dan berpengaruh” untuk mengampanyekan kebaikan-kebaikan. masih banyak kok issue-issue yang perlu diangkat. ketimbang cuma bilang, “gue childfree” loh.
  4. Ya kalau ada yang nanya, “kenapa ga punya anak” atau “kenapa ga mau punya anak.” bilang aja belum saatnya. Yang nanya-nanya juga kebangetan sih. Ngapain juga nanya privacy orang, seperti nanya pekerjaan, anak, status menikah, IP, wkwk dll. Ga usah terlalu kepo tentang privacy orang lain. Ntar yang ditanya malah defence.
  5. Yang childfree udah diem-diem aja. Ga usah pamer.
  6. Yang punya anak juga jaga batasan, jangan pamer banyak anak. Ga usah nanya macem-macem kepada keluarga yang belum atau tidak mau punya anak.

Yuk banyakin istighfar!

About jupri supriadi

unzhur maa qaalaa walaa tanzhur man qaalaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: